Pengertian
Organisasi Dan Macam-Macam Organisasi
a) Pengertian Organisasi
· Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer
mengejar tujuan bersama.
· Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
· Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem
aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
· PFIFFNER dan SHERWOOD
Organisasi sebagai suatu pola dari
cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka,
secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan
satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang
telah ditetapkan semula secara sistematis.
· BAKKE
Organisasi merupakan sebuah
sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia
yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu
yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke
dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.
· ALLEN
Organisasi adalah suatu proses
identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan
mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan -
hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara
efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
b) Macam-Macam Organisasi
· Organisasi Niaga
PENGERTIAN : Organisasi yang tujuan
utamanya mencari keuntungan.
Macam-macam Organisasi Niaga :
1) Perseroan
Terbatas (PT)
2) Perseroan
Komanditer (CV)
3) Firma
(FA)
4) Koperasi
· Organisasi Sosial
PENGERTIAN : Organisasi yang
dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur pembentukan organisasi
Kemasyarakatan :
1) Jalur
Keagamaan
2) Jalur
Profesi
3) Jalur
Kepemudaan
4) Jalur
Kemahasiswaan
5) Jalur
Kepartaian & Kekaryaan
· Organisasi Regional & International
PENGERTIAN :
1) Organisasi
Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara
tertentu saja.
2) Organisasi
Internasional adalah Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di
dunia.
2. Bagan
Struktur Organisasi
· Bagan Horizontal
Dikatakan horizontal karena pada
bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam
perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping.
· Bagan Vertikal
Bagan vertikal adalah kebalikan dari
bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan
banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka
bagan ini akan semakin panjang ke bawah.
· Bagan Lingkaran
bagan ini berbentuk lingkaran karena
mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri
dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu
banyak sekali model bagan yang terbentuk. pada model bagan ini jika setiap
penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin
membesar.
· Bagan Piramid
Bagan ini sangat mudah digunakan
karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan
yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan
MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Organisasi
Faktor- faktor yang mempengaruhi
organisasi secara umum digolongkan dengan pengaruh internal dan eksternal.
· Pengaruh
internal merupakan faktor yang berasal dari dalam organisasi itu sendiri baik dari
pimpinan, karyawan, dan aspek yang menjadi internal suatu organisasi.
Faktor internal merupakan faktor yang sangat crucial karena dapat berdampak besar bagi organisasi, dampaknya dapat berupa kemajuan maupun keruntuhan dan kegagalan organisasi tersebut.
Faktor internal merupakan faktor yang sangat crucial karena dapat berdampak besar bagi organisasi, dampaknya dapat berupa kemajuan maupun keruntuhan dan kegagalan organisasi tersebut.
contoh pengaruh internal:
o hirarki
dari setiap divisi dalam organisasi. semakin baik hubungan antar divisi,
semakin kuat organisasi tersebut berdiri.
o Kemampuan
Sumber daya individu dalam organisasi. kemampuan yang minim tentu saja dapat berpengaruh
terhadap kemajuan organisasi tersebut.
· Pengaruh
Eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar organisasi. faktor eksternal
juga dapat memberikan dampak bagi organisasi tersebut, namun apabila internal
organisasi dapat mempertahankan konsep pemikiran serta pandangan terhadap
tujuan organisasi, faktor eksternal tidak begitu berpengaruh.
contoh pengaruh eksternal:
o Teknologi, tergantung bagaimana
organisasi tersebut meng-implementasikannya. karena teknologi tersebut dapat
menjadi faktor yang dapat memajukan organisasi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan organisasi:
Konflik Organisasi
· Pengertian Konflik
· Jenis-jenis konflik
· Sumber-sumber Konflik
· Strategi Penyelesaian Konflik
· Pengertian Motivasi
· Teori-teori Motivasi
Pengertian Konflik
Konflik adalah segala macam
interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak.
Jenis-jenis Konflik:
a. Konflik peranan yang terjadi
didalam diri seseorang (person-role conflict)
b. Konflik antar peranan (inter-role
conflict)
c. Konflik yang timbul karena
seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict) d.
Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan
(intrasender conflict)
Konflik juga dapat dibedakan menurut
pihak-pihak yang saling bertentangan, atas dasar hal ini, ada 5 Jenis konflik,
yaitu:
a. Konflik dalam diri individu
b. Konflik antar individu
c. Konflik antar individu dan
kelompok
d. Konflik antar kelompok dalam
organisasi yang sama
e. Konflik antar organisasi
Sumber-sumber Konflik:
a. Kebutuhan untuk membagi (sumber
daya-sumber daya) yang terbatas.
b. Perbedaan-perbedaan dalam
berbagai tujuan.
c. Saling ketergantungan
kegiatan-kegiatan kerja.
d. Perbedaan nilai-nilai atau
persepsi
e. Kemandirian organisasional
f. Gaya-gaya individual
Strategi Penyelesaian Konflik
Ada 3 strategi dasar:
a. Kalah - kalah
b. Menang - Kalah
c. Menang - menang.
Pengertian Motivasi:
Motivasi adalah keadaan dalam
pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan
kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan, Motivasi dapat
dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu:
a. Motivasi Fisiologis
b. Motivasi Psikologis.
Teori-teori Motivasi:
a. Teori X dan Teori Y oleh
McGregor:
a. Anggapan-anggapan yang mendasari
teori X:
1. Rata-rata para pekerja itu malas,
tidak suka bekerja dan Akan menghindarinya bila dapat.
2. Karena pada dasarnya pekerja
tidak suka bekerja, maka harus dipaksa, dikendalikan, diperlakukan dengan
hukuman, dan diarahkan untuk pencapaian tujuan organisasi.
3. Rata-rata para pekerja lebih
senang dibimbing, berusaha menghindari tanggung jawab, mempunyai ambisi yang
kecil, keamanan dirinya di atas segala-galanya.
Teori-Teori Motivasi
Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y:
1. Usaha fisik dan mental yang
dilakukan manusia dalam bekerja adalah kodrat manusia, sama halnya dengan
bermain atau beristirahat.
2. Rata-rata manusia bersedia
belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari tanggung-jawab.
3. Ada kemampuan yang besar dalam
kecerdikan, kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah-masalah
organisasi yang secara luas tersebar pada seluruh karyawan.
4. Pengendalian ekstern dan hukuman
bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan
organisasi.
5. Keterikatan pada tujuan
organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam
pencapaian tujuan itu.
6. Organisasi seharusnya memberikan
kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya digunakan
sebagian.
b. Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
Menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan,
yaitu:
1. Kebutuhan Fisiologis
2. Kebutuhan Keamanan
3. Kebutuhan Sosial
4. Kebutuhan Penghargaan
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
c. Teori Motivasi Berprestasi Mc
Clelland
Menurut Mc Clelland, seseorang
dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi, apabila dia mempunyai
keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam banyak
situasi. Mc Clelland memusatkan perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia,
yaitu:
1. Kebutuhan Prestasi
2. Kebutuhan Afiliasi
3. Kebutuhan Kekuasaan.
d. Teori Motivasi Dua faktor
Herzberg
Menurut Herzberg ada dua faktor yang
mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (Job
Satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasan kerja
(Job Dissastifiers) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan Satisfiers
disebar motivators dan dissatifiers disebut faktor-faktor yang higienis.
Referensi :
http://mte2010-ti-usu-b.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
http://ariantocahyadi.blogspot.com/2011/10/bentuk-bagan-struktur-organisasi.html
http://bungadit.blogspot.com/2009/11/macam-macam-organisasi.html
http://lorentfebrian.wordpress.com/semua-halaman-saya/definisi-organisasi-macam-macam-organisasi/
http://fazhtech.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi-dan-macam-macam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar