Minggu, 07 Oktober 2012

organisasi dan macam - macam organisasi

Pengertian Organisasi Dan Macam-Macam Organisasi

a)     Pengertian Organisasi

·         Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·         Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·         Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·         PFIFFNER dan SHERWOOD
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.
·         BAKKE
Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.
·         ALLEN
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

b)    Macam-Macam Organisasi

·         Organisasi Niaga
PENGERTIAN : Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macam Organisasi Niaga :
1)     Perseroan Terbatas (PT)‏
2)     Perseroan Komanditer (CV)‏
3)     Firma (FA)‏
4)     Koperasi

·         Organisasi Sosial
PENGERTIAN : Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
1)     Jalur Keagamaan
2)     Jalur Profesi
3)     Jalur Kepemudaan
4)     Jalur Kemahasiswaan
5)     Jalur Kepartaian & Kekaryaan
·         Organisasi Regional & International

PENGERTIAN :

1)     Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
2)     Organisasi Internasional adalah Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.


2.     Bagan Struktur Organisasi
·         Bagan Horizontal
Dikatakan horizontal karena pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping.
Bagan Horizontal

·         Bagan Vertikal
Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah.
Bagan Vertikal


·         Bagan Lingkaran
bagan ini berbentuk lingkaran karena mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk. pada model bagan ini jika setiap penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.
Bagan Lingkaran


·         Bagan Piramid
Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.

Bagan Piramid






Melingkar







Horizontal




3.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Organisasi

Faktor- faktor yang mempengaruhi organisasi secara umum digolongkan dengan pengaruh internal dan eksternal.
·       Pengaruh internal merupakan faktor yang berasal dari dalam organisasi itu sendiri baik dari pimpinan, karyawan, dan aspek yang menjadi internal suatu organisasi.
Faktor internal merupakan faktor yang sangat crucial karena dapat berdampak besar bagi organisasi, dampaknya dapat berupa kemajuan maupun keruntuhan dan kegagalan organisasi tersebut.
contoh pengaruh internal:
o    hirarki dari setiap divisi dalam organisasi. semakin baik hubungan antar divisi, semakin kuat organisasi tersebut berdiri.
o    Kemampuan Sumber daya individu dalam organisasi. kemampuan yang minim tentu saja dapat berpengaruh terhadap kemajuan organisasi tersebut.
·     Pengaruh Eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar organisasi. faktor eksternal juga dapat memberikan dampak bagi organisasi tersebut, namun apabila internal organisasi dapat mempertahankan konsep pemikiran serta pandangan terhadap tujuan organisasi, faktor eksternal tidak begitu berpengaruh.
contoh pengaruh eksternal:
o  Teknologi, tergantung bagaimana organisasi tersebut meng-implementasikannya. karena teknologi tersebut dapat menjadi faktor yang dapat memajukan organisasi.


Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan organisasi:

Konflik Organisasi 
·      Pengertian Konflik
·      Jenis-jenis konflik 
·      Sumber-sumber Konflik
·      Strategi Penyelesaian Konflik
·      Pengertian Motivasi 
·      Teori-teori Motivasi 

Pengertian Konflik

Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak. 

Jenis-jenis Konflik:
a. Konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang (person-role conflict) 
b. Konflik antar peranan (inter-role conflict) 
c. Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict) d. Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan (intrasender conflict) 

Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan, atas dasar hal ini, ada 5 Jenis konflik, yaitu: 
a. Konflik dalam diri individu 
b. Konflik antar individu 
c. Konflik antar individu dan kelompok 
d. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama 
e. Konflik antar organisasi 

Sumber-sumber Konflik:

a. Kebutuhan untuk membagi (sumber daya-sumber daya) yang terbatas. 
b. Perbedaan-perbedaan dalam berbagai tujuan. 
c. Saling ketergantungan kegiatan-kegiatan kerja. 
d. Perbedaan nilai-nilai atau persepsi 
e. Kemandirian organisasional 
f. Gaya-gaya individual 

Strategi Penyelesaian Konflik 
Ada 3 strategi dasar: 
a. Kalah - kalah 
b. Menang - Kalah 
c. Menang - menang. 

Pengertian Motivasi:
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan, Motivasi dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu: 
a. Motivasi Fisiologis 
b. Motivasi Psikologis. 

Teori-teori Motivasi:

a. Teori X dan Teori Y oleh McGregor: 

a. Anggapan-anggapan yang mendasari teori X: 
1. Rata-rata para pekerja itu malas, tidak suka bekerja dan Akan menghindarinya bila dapat. 
2. Karena pada dasarnya pekerja tidak suka bekerja, maka harus dipaksa, dikendalikan, diperlakukan dengan hukuman, dan diarahkan untuk pencapaian tujuan organisasi. 
3. Rata-rata para pekerja lebih senang dibimbing, berusaha menghindari tanggung jawab, mempunyai ambisi yang kecil, keamanan dirinya di atas segala-galanya. 

Teori-Teori Motivasi Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y: 
1. Usaha fisik dan mental yang dilakukan manusia dalam bekerja adalah kodrat manusia, sama halnya dengan bermain atau beristirahat. 
2. Rata-rata manusia bersedia belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari tanggung-jawab. 
3. Ada kemampuan yang besar dalam kecerdikan, kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah-masalah organisasi yang secara luas tersebar pada seluruh karyawan. 
4. Pengendalian ekstern dan hukuman bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan organisasi. 
5. Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam pencapaian tujuan itu. 
6. Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya digunakan sebagian. 

b. Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan, yaitu: 
1. Kebutuhan Fisiologis 
2. Kebutuhan Keamanan 
3. Kebutuhan Sosial 
4. Kebutuhan Penghargaan 
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri 

c. Teori Motivasi Berprestasi Mc Clelland 

Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam banyak situasi. Mc Clelland memusatkan perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia, yaitu: 
1. Kebutuhan Prestasi 
2. Kebutuhan Afiliasi 
3. Kebutuhan Kekuasaan. 

 d. Teori Motivasi Dua faktor Herzberg 
Menurut Herzberg ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (Job Satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasan kerja (Job Dissastifiers) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan Satisfiers disebar motivators dan dissatifiers disebut faktor-faktor yang higienis. 


Referensi :
http://mte2010-ti-usu-b.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
http://ariantocahyadi.blogspot.com/2011/10/bentuk-bagan-struktur-organisasi.html
http://bungadit.blogspot.com/2009/11/macam-macam-organisasi.html
http://lorentfebrian.wordpress.com/semua-halaman-saya/definisi-organisasi-macam-macam-organisasi/
http://fazhtech.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi-dan-macam-macam.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar