Sekilas tentang OpenGL. OpenGL merupakan singkatan dari Open
Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang
mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang
menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang
digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat
opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman
mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI,
Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas
yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files
yaitu:
Glut.h
Glut32.lib
Glut32.dll
Glut32.lib
Glut32.dll
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan gambar sederhana yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan Dev C++ sebagai IDE-nya.
untuk materi lebih lanjut dalam pembahasana tentang OPENGL anda bisa klik DISINI.
untuk melihat coodingan di dalam program klik DISINI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar