Kamis, 22 Desember 2011

Iptek

Pengaruh Iptek Di Kalangan Remaja


          Dunia sudah maju di zaman sekarang ini,dengan adanya Iptek kita bisa menambah wawasan dan Ilmu pengetahuan.dengan adanya Iptek pekerjaan yang begitu sulit menjadi mudah.di Negara – Negara lain pun iptek sangat perlu dalam usaha dan pejerjaan,sehingga kalau tidak ada iptek sangat sulit untuk mendapatkan suatu informasi dari dunia luar.

          Kita ambil contoh saja internet,manfaat yang diperoleh dari internet. Di lingkungan pelajar sendiri pun sangatlah banyak manfaatnya antara lain Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi; Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif; Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi; Mempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah.

Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung; Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (aktual); Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan.Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan; Sebagai perpustakaan elektronik; Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.

Akhirnya, internet diharapkan dapat membantu mempercepat perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas. Pada gilirannya pendidikan dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

         
          Dengan adanya internet juga kita juga bisa mencari sebuah informasi dan kita juga memotivasi buat kita belajar.tetapi banyak pula internet yang menjadikan hal – hal yang negative pada kaum remaja tersebut.banyak remaja yang ingin tahu tentang hal – hal tersebut,maklum saja remaja masih menemukan jati diri mereka sehingga serba ingin tahu.contohnya saja game online,facebook,situs porno dan lain –lain.
          Game online, permainan game memang bisa membuat hanyut para penggemarnya. Apalagi game online yang bisa berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh belahan dunia. Sangat mengasikkan sekaligus membuat kecanduan, menjadi "lupa daratan tidak ingat lautan", lupa waktu, lupa kesehatan, boros biaya, (terutama bagi pelajar) dan lebih jauhnya lagi, game online bisa menjadi sarana perjudian.

          Sering sekali para remaja yang kecanduan oleh game online yang mengakibatkan mereka males sekolah,contohnya saja waktu saya SMA mempunyai teman yang sering sekali bermain game,dari game online yang lama sampai game online yang terbaru,pastinya dia sudah pernah memainkannya.sampai keesokan harinya dia tidak masuk ke sekolah di karna kan ia bermain game sampai subuh.dan ada lagi yang paling buruk,sampai – sampai uang sekolah pun di pakia untuk bermain game Online yang membuat kuta jadi kecanduan

          Dan kita juga bisa lihat di warnet,banyak sekali yang anak – anak yang masih kecil bisa memainkan game tersebut.seharusnya para orang tua menjaga dan mengawasi supaya anak – anak tersebut tidak tercandu oleh game tersebut karana akan berdampak dengan malesnya para anak untuk belajar dan sekolah malah ingin memilih untuk bermain game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar