Permintaan Dan Penawaran
Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.
A. Pengertian/Arti Definisi Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan
mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu
tertentu.
Masyarakat selaku konsumen harus membeli barang atau jasa keperluannya di pasar. Keadaan ini mengandaikan bahwa barang atau jasa itu memiliki tingkat harga tertentu. Adanya berbagai macam harga di pasar selanjutnya mengandaikan adanya kondisi yang mempengaruhi.kita sebagai penawaran jasa harus bisa mengikuti selera konsumen yang nantinya kita akan mendapatkan tingkat pendapatan dari banyannya permintaan konsumen terhadap barang yang ingin di beli dan harus menyesuaikan harga barang yang ingin di jual,supaya konsumen akan datang ke kita,dengan harga sesuai dengan kebutuhan konsumen dan barang yang kita jual berkualitas bagus.
Hukum Permintaan
` Hukum ekonomi berlaku ceteris
paribus (diluar obyek yang diselidiki, keadaannya tetap tidak berubah).
Singkatnya hukum permintaan adalah : “ Permintaan akan bertambah apabila
harga turun dan akan berkurang apa bila harga naik”.
Hukum permintaan berbunyi: apabila
harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan
apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan.
Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik
dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan
berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan: naiknya
harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya
jumlah permintaan naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari
barang pengganti yang harganya lebih murah.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkat Permintaan (Demand)
A.konsumen / selera konsumen
Saat ini banyak sekali alat komunikasi yang sedang banyak dipakai oleh masyarakat yang sedang menjadi trend masa kini,tetapi beberapa tahun kemudian belum tentu alat komunikasi tersebut menjadi trend,mungkin alat komunikasi tersebut di anggap kuno oleh sebagian orang.
Saat ini banyak sekali alat komunikasi yang sedang banyak dipakai oleh masyarakat yang sedang menjadi trend masa kini,tetapi beberapa tahun kemudian belum tentu alat komunikasi tersebut menjadi trend,mungkin alat komunikasi tersebut di anggap kuno oleh sebagian orang.
B. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan
pelengkap
Jika tepung terigu tidak ada atau harganya sangat mahal maka pembuatan roti dan pembuatan kue akan turun permintaannya.
Jika tepung terigu tidak ada atau harganya sangat mahal maka pembuatan roti dan pembuatan kue akan turun permintaannya.
C. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli supaya uangnya tersebut cukup untuk kebutuhannya.
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli supaya uangnya tersebut cukup untuk kebutuhannya.
D. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti daging sapi dan daging ayam..
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti daging sapi dan daging ayam..
E. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika datangnya musim hujan maka banyak produk jas hujan akan sangat laris.Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya
Ketika datangnya musim hujan maka banyak produk jas hujan akan sangat laris.Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya
Kurva Permintaan dan Fungsi
Permintaan
Kurve permintaan adalah suatu kurve yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat berdasarkan data riel di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada berbagai tingkat harga, yang disajikan dalam bentuk tabel.
Permintaan seseorang atau suatu masyarakat akan suatu barang ditentukan
oleh banyak faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah :
Harga barang itu sendiri
Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut
Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat
Selera seseorang atau masyarakat
Jumlah penduduk.
Kurve permintaan adalah suatu kurve yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat berdasarkan data riel di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada berbagai tingkat harga, yang disajikan dalam bentuk tabel.
Permintaan seseorang atau suatu masyarakat akan suatu barang ditentukan
oleh banyak faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah :
Harga barang itu sendiri
Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut
Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat
Selera seseorang atau masyarakat
Jumlah penduduk.
Fungsi permintaan ( demand function)
adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu
barang dan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan seperti yang telah disebutkan diatas, maka dapat disusun fungsi permintaan umum, sebagai berikut :
Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan seperti yang telah disebutkan diatas, maka dapat disusun fungsi permintaan umum, sebagai berikut :
Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D), di mana
:
Qd = jumlah barang yang diminta
Pq = harga barang itu sendiri
Ps.i = harga barang-barang substitusi ( i = 1,2,…,n)
Y = pendapatan
S = selera
D = jumlah penduduk.
Qd = jumlah barang yang diminta
Pq = harga barang itu sendiri
Ps.i = harga barang-barang substitusi ( i = 1,2,…,n)
Y = pendapatan
S = selera
D = jumlah penduduk.
B. PENAWARAN
Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan
dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen, pihak produsen
menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi ini
kemudian dijual kepada konsumen di pasar dengan menjual barang tersebut sesuai
dengan selera konsumen dan kebutuhan yang dimiliki konsumen tersebut.
Hukum Penawaran
Hukum penawaran berbunyi: bila
tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik,
dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam
hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan
tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara
jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkat Penawaran (Suply)
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih kita bisa menghemat waktu untuk memproduksi barang dan dapat lebih banyak memproduksi barangnya,tetapi bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih kita bisa menghemat waktu untuk memproduksi barang dan dapat lebih banyak memproduksi barangnya,tetapi bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit memproduksi barang tersebut akibatnya permintaan konsumen yang turun,sedangkan pajak tersebut tidak naik,maka harga jual tersebut lebih rendah dan memproduksi barang tersebut lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit memproduksi barang tersebut akibatnya permintaan konsumen yang turun,sedangkan pajak tersebut tidak naik,maka harga jual tersebut lebih rendah dan memproduksi barang tersebut lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai factor
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai factor
Kurva Penawaran
Penjual biasanya ingin menjual
barang atau jasa yang diproduksinya dengan harga tinggi. walaupun resikonya
adalah barang yang terjual akan relative sedikit. Untuk menjual pada tingkat
harga yang diinginkan, seorang penjual harus mempunyai pengamatan yang cermat terhadap
perilaku pasar.
Contoh : Penjual bawang ingin menjual bawang dengan harga yang tinggi dipasar. Sayangnya keinginan itu bertepatan dengan musim panen. Akibatnya dipasar akan berkerumunan penjual bawang sehingga harga bawang pun jatuh.
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X). Contoh: jumlah pakaian batik yang ditawarkan Ibu Nina pada berbagai tingkat harga.
Contoh : Penjual bawang ingin menjual bawang dengan harga yang tinggi dipasar. Sayangnya keinginan itu bertepatan dengan musim panen. Akibatnya dipasar akan berkerumunan penjual bawang sehingga harga bawang pun jatuh.
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X). Contoh: jumlah pakaian batik yang ditawarkan Ibu Nina pada berbagai tingkat harga.
Arrrmandio16yes
Tidak ada komentar:
Posting Komentar